Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa
Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang
ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis
(e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana
secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing),
atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
MANFAAT E-COMMERCE
- Memberikan kesempatan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran produk/servicenya secara global.
- Mengurangi
penggunaan paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan
desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.
- Mengurangi
waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem
produksi, pengepakan, penyimpanan dan distribusi terkoneksi secara
online.
- Membantu
perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang/jasa yang sangat spesifik
yang tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena
keterbatasan konsumen, tempat dan biaya promosi yang tinggi.
- Mengurangi
waktu dan biaya prosmosi dari barang/jasa yang dipasarkan karena
tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu.
- Memberikan
kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat
menggunakan sebuah barang/jasa yang dihasilkan dari belahan dunia yang
berbeda.
- Memberikan kesempatan konsumen untuk mendapatkan barang/jasa terbaik dari berbagai pilihan yang ada.
- Memberikan
kesempatan bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari produsen
untuk berinteraksi, berdiskusi dan bertukar pengalaman. Sehingga akan
sangat menguntungkan produsen untuk meningkatkan kualitas barang/jasa
sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen
- Semakin
banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan
menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja,
belanja dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan
mereduksi polusi udara.
- Mengurangi
pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena
cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
- Meningkatkan
daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan
dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk
menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
Keuntungan e-Commerce
-
Bagi
Perusahaan, memperpendek jarak, perluasan pasar, perluasan jaringan
mitra bisnis dan efisiensi, dengan kata
lain mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan
lebih responsif, serta mengurangi biaya-biaya yang berhubungan
dengan kertas, seperti biaya pos surat,
pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan
pendapatan.
-
Bagi
Consumen, efektif, aman secara fisik dan flexible
-
Bagi
Masyarakat Umum, mengurangi polusi dan pencemaran
lingkungan, membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis,
meningkatkan kualitas SDM (Januri, dkk, 2008).
-
Bagi
Pemerintah, Semakin
banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan
internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas
lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara, Meningkatkan daya beli dan
kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik karena
perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah karena
biaya produksi yang rendah dan Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai
jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu
pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
Kendala
e-Commerce
-
Meningkatkan
Individualisme, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi
dan mendapatkan barang/jasa yang diperlukan
tanpa bertemu dengan siapapun.
-
Terkadang
Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat
dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara
kasat mata. (Januri, dkk, 2008)
-
Isu Security
-
Ketidaktepatan waktu pengiriman barang.
-
Faktor keamanan transaksi seperti keamanan
metode pembayaran merupakan salah satu hal urgen bagi konsumen. Masalah ini
penting sekali diperhatikan karena terbukti mulai bermunculan kasus-kasus dalam
e-commerce yang berkaitan dengan keamanan transaksi, mulai dari
pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak
atas kekayaan intelektual, akses illegal ke sistem informasi (hacking)
perusakan website sampai dengan pencurian data.
Permasalahan
yang Bersifat Prosedural-Aplikatif :
-Masalah Yurisdiksi atau Forum
Yang dimaksud adalah judicial jurisdiction, yang merujuk pada kekuasaan pengadilan untuk mengadili kasus-kasus tertentu, dalam hal ini kasus-kasus yang berkaitan dengan transaksi-transaksi dalam e-commerce maupun e-contract. Masalah yurisdiksi merupakan masalah krusial dan kompleks dalam konteks e-commerce.
Yang dimaksud adalah judicial jurisdiction, yang merujuk pada kekuasaan pengadilan untuk mengadili kasus-kasus tertentu, dalam hal ini kasus-kasus yang berkaitan dengan transaksi-transaksi dalam e-commerce maupun e-contract. Masalah yurisdiksi merupakan masalah krusial dan kompleks dalam konteks e-commerce.
Salah satu contoh dari web E-Commerce
adalah
Toko Pakaian https://shop.noah-site.com/
Pernah, saya melakukan transaksi eletronik bulan
September tahun 2013 saya membeli Buku NOAH 6.903 mil Cerita Di Balik Konser 2
Benua 1 Negara dan Baju Noah dengan harga yang terjangkau website ini memuaskan
saya agar saya lebih tahu dunia bisnis yang sangat maju
0 komentar:
Posting Komentar