Dalam
dunia Perkereta apian, teknologi komunikasi yang awalnya hanya digunakan
seperti jaringan listrik, distribusi air dll. Yang dulunya biaya untuk
menjalankan bisnis, sekarang bisa menjadi sumber laba yang menguntungkan bagi
Layanan TIK termasuk beli Tiket KAI di online shop salah satunya Tokopedia yang
sekarang digunakan oleh semua sektor dari ekonomi, bisnis, dari pertambangan,
pertanian, perkebunan, sampai layanan finansial, manufaktur, agrowisata dan pariwisata.
Para pengguna bisnis berskala besar yang memiliki kebutuhan akan sistem yang
efisien, efektif, aman, terpadu dan terandalkan dalam TIK ini. Jika para
penyedia layanan lokal dengan biaya yang masuk akal.
Saat ini
banyak perusahaan transportasi berlomba-lomba memanjakan penumpang salah satunya dengan cara menyediakan
pemesanan dan pembelian tiket berbasis online. Caranya itu dapat digunakan
untuk mengurangi jumlah antrian di depan loket penjual tiket misalnya tiket
kereta api dan untuk calon penumpang tidak perlu repot datang dan mengantri di
Stasiun.
Penyedia
tiket KAI online saat ini sudah banyak di Indonesia.Cukup duduk dirumah dan
gunakan aplikasi Tokopedia dari smartphone anda kemudian mulai cari tiket kereta
apa yang anda pilih dari kelas EKONOMI BISNIS DAN EKSEKUTIF, tujuan anda yang
ingin anda gunakan bahkasn sekarang harga tiket KAI sudah sangat lengkap dan
tersedia di online shp lainnya. Sistem pemebelian tiket KAI sudah sangat mudah
bagi masyarakat sekitarnya di Indonesia.
Kali ini
saya akan membagikan cara mudah untuk membeli Tiket KAI berbasis online melalui
Tokopedia.com. berikut ini adalah cara untuk memesan tiket kereta api pada
website tiket.tokopedia.com :
Langkah I – Cari Tiket
Pilih kota asal dan
tujuan pada “Pilih Rute”, jika kolom diklik maka secara otomatis
akan keluar pilihan kota-kota yang populer.
Namun jika tidak
menemukan kota asal ataupun tujuan yang kita maksud, cukup ketik nama kota,
maka akan keluar kota berserta stasiun yang dimaksud. Seperti contoh dibawah
ini,
Jika tidak
terdapat di daftar kota populer, cukup ketik nama kota dan stasiun terpilih
akan muncul
Setelah
itu tentukan apakah kita akan melakukan sekali perjalanan atau pulang
pergi.
- Tiket
satu kali perjalanan
Pilih tanggal
keberangkatan dan tentukan jumlah penumpang (maksimum 4 orang) dan cari tiket.
- Tiket
kereta pulang pergi
Pilih waktu berangkat
dan tanggal kepulangan kita dari kota tujuan. Isi jumlah penumpang (maksimum 4
orang) dan klik cari tiket.
Langkah II – Pilih Tiket
Di halaman Cari
Tiket, kita akan mendapatkan tiket kereta yang tersedia dari rute dan waktu
yang telah kita tentukan sebelumnya. Jika tidak sesuai, kita bisa kembali
dengan mengklik Ganti Tanggal di ujung kanan atas.
Di sini kita
mendapatkan kebebasan untuk memilih jenis kereta, waktu naik/keberangkatan
kereta dan jenis kelas yang kita inginkan di panel sebelah kiri.
Ada juga informasi
penting lainnya seperti harga, durasi/lama perjalanan, dan tentunya waktu
berangkat dan tiba di tujuan.
Jika sudah menemukan
tiket kereta yang sesuai, silakan mengklik “Pesan Tiket Pergi”.
Tampilan cari tiket untuk sekali perjalanan dari
Gambir ke Yogyakarta.
Catatan: Untuk tiket pulang pergi, tampilan
akan tetap sama seperti di atas. Yang membedakannya hanya tanggal serta kota
keberangkatan & tujuan. Pemesanan tiket kepulangan akan muncul setelah
mengklik “Pesan Tiket Pergi”.
Langkah III – Isi Data Penumpang
Setelah memilih tiket
kereta yang kita inginkan, sekarang saatnya untuk mengisi data lengkap
penumpang.
- Data
Pemesan
Informasi ini akan
otomatis terisi jika kita mengisi data secara lengkap saat pendaftaran akun
Tokopedia.
Catatan: Data pemesan bukanlah data yang terdapat
di tiket kereta api yang dibeli. Kita harus mengisi lagi di data penumpang.
Seorang pemesan bisa membeli tiket untuk orang lain tanpa harus ikut serta.
- Data
Penumpang
Berbeda dengan data
pemesan, data penumpang adalah untuk penumpang yang akan naik kereta atau data
yang terdapat pada tiket.
Di sini kita harus
mengisi Nama Lengkap, Nomor Identitas, Nomor
Telepon, dan Tanggal Lahir.
Di halaman ini juga
terdapat rangkuman tiket yang telah kita pesan dan total yang harus kita bayar.
Pastikan semua data telah sesuai dengan rencana perjalanan yang kita inginkan.
Berikut adalah
tampilan untuk 1 penumpang kereta:
Pastikan data penumpang telah lengkap dan benar
Setelah data penumpang
telah terisi dengan lengkap, kita bisa memilih langsung kursi yang tersedia.
Jika posisi kursi
tidak bermasalah, kita bisa langsung mengklik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk
menyelesaikan proses pembelian tiket kereta di Tokopedia.
Langkah IV – Pembayaran
Saat melanjutkan ke
halaman pembayaran, kita memiliki waktu 10 menit untuk menyelesaikan sebelum
transaksi dibatalkan.
Oleh karena itu kita
harus siap sedia dengan cara pembayaran untuk tiket yang telah kita beli.
Metode pembayaran untuk tiket.tokopedia.com bisa dilihat di halaman bantuan
– pembayaran tiket kereta.
Setelah pembayaran
telah selesai, maka kita akan diarahkan ke halaman pemberitahuan bahwa
transaksi telah berhasil berikut dengan rincian pembayaran, kode
booking KAI dan Order ID.
Selain itu, kita juga
akan menerima email dan notifikasi sms bahwa transaksi telah berhasil untuk
disimpan jika dibutuhkan suatu waktu.
Manfaat
yang dirasakan oleh masyarakat yang menikmati teknologi tersebut ?
1. Pesan Tiket Kereta Secara
Online
Tujuan RTS adalah menyediakan
fasilitas pemesanan dan pembayaran tiket kapan saja dan dimana saja sehingga
memudahkan konsumen. Dengan sistem online ini, penumpang bisa melakukan
reservasi tiket tanpa harus datang ke stasiun. Bahkan, dengan aplikasi KAI
Access, calon penumpang dapat melakukan reservasi dan pembayaran melalui
smartphone.
“Inovasi teknologi RTS bertujuan
memberikan kemudahan dalam pelayanan ticketing penumpang KA. Calon penumpang
dapat melakukan reservasi dan
pembayaran tiket kapan saja
(anytime), dimana saja (anywhere), dengan media apa saja (anydevice),"
kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.
2. Pesan Tiket Bisa 90 Hari
Sebelum Keberangkatan
Teknologi RTS memungkinkan
pemesanan tiket KA dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan. Reservasi
tiket ini dapat dilakukan pada seluruh channel penjualan tiket KA yang sudah
terkoneksi dengan RTS. Hal ini juga memberikan nilai tambah bagi konsumen dalam
kemudahan mendapatkan tiket.
3. Rail Ticketing System, Tinggal
Klik!
Berkat RTS, sistem ticketing KA
menjadi jauh lebih mudah. Cukup dengan komputer, jaringan internet, atau
smartphone, calon penumpang tinggal memainkan telunjuk dan klik, transaksi
selesai. Anda tinggal memiliki gadget, jaringan internet, dan dapatkan tiket KA
semudah meng-klik panduan yang ada.
Selain Rail Ticketing System, PT
KAI juga menyediakan vending machine penjualan tiket yang disebut e-kiosk
dan mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM). CTM
membuat calon penumpang dapat mencetak tiket tanpa harus antri di loket.
"PT KAI akan terus
mengembangkan teknologi yang ada untuk meningkatkan pelayanannya sehingga bisa
menjawab kebutuhan pengguna jasa KA," tambah Edi Sukmoro.
4. Membuka Peluang Bisnis Lain
Implementasi RTS memungkinkan
untuk memperbanyak channel reservasi dan pilihan cara pembayaran, sehingga
lebih fleksibel dan lebih dekat
dengan pelanggan. RTS membuka
peluang untuk bisnis baru, diantaranya integrasi dengan moda angkutan lain,
hotel, travel agent, penggunaan vending machine melalui mekanisme kerja sama,
dan lain sebagainya.
Lebih jauh lagi, RTS memungkinkan
untuk masuk ke pasar global melalui website. Saat ini, pemesanan tiket KA pun
sudah bisa dilakukan dari luar negeri.
Manfaat
yang dirasakan oleh PT KAI itu sendiri ?
1. Transaksi Bisnis Menjadi Lebih
Cepat dan Aman
Dengan waktu pemrosesan tiket
yang lebih cepat, maka akan lebih banyak pelanggan yang terlayani. Adanya waktu
reservasi yang fleksibel, maka lebih banyak jumlah transaksi serta pelanggan
yang dapat terlayani.
Di sisi lain, pemanfaatan IT
mampu mempercepat proses bisnis di PT KAI dan sangat efisien serta bisa menghindari
kesalahan yang tidak perlu terjadi karena dilakukan secara manual.
“Teknologi yang kita gunakan dan
kembangkan tidak hanya harus memenuhi kebutuhan fungsionalitas saja tetapi juga
mampu mengubah kompleksitas bisnis menjadi lebih mudah dan sederhana,” ujar
Direktur SDM, Umum dan TI PT KAI, M. Kuncoro Wibowo yang menggawangi
pengembangan RTS dari nol
hingga menjadi seperti saat ini.
2. Peningkatan Jumlah Penumpang
dan Pengguna Channel Ekstra
Sebelum pengembangan RTS, pada
tahun 2010 hanya ada 520 penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui
channel eksternal. Namun, setelah RTS mulai berjalan go live pada
September 2011 dan terus diimplementasikan, pada tahun
2014 tercatat 13,2 juta penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui
channel eksternal.
Selain peningkatan jumlah
penumpang, implementasi RTS memberikan kecepatan untuk masuk ke pasar. Melalui
integrasi dengan social media, KAI Access (mobile apps), maupun web corporate,
PT KAI dapat memberikan informasi lebih cepat tentang produk baru, program
promo, event–event, dll sehingga informasi dapat lebih cepat sampai ke
pelanggan.
3. Pembelian Tiket di Stasiun
Lebih Tertib
Dengan RTS, strategi PT KAI untuk
memperbanyak channel penjualan tiket di luar stasiun dan mengurangi jumlah
loket di stasiun bisa terwujud. Stasiun pun menjadi lebih tertib karena hanya
digunakan untuk pembelian tiket go show dan pelayanan bagi penumpang yang akan
berangkat maupun baru menggunakan KA.
“Sistem RTS ini menjadi salah
satu perangkat bagi manajemen untuk memantau perkembangan angkutan penumpang KA
di seluruh wilayah pelayanan
PT KAI. Dengan demikian, ke
depannya kami dapat terus mengembangkan segala aspek yang berkaitan dengan
angkutan penumpang,” kata Edi.
Sumber :
I0nQQ*C0m
BalasHapusagen terbesar dan terpercaya di indonesia
segera daftar dan bergabung bersama kami.
p1n bb:*58ab14f5
DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
BalasHapusdicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)
:)
FANSBETTING – MASTER AGENT JUDI TARUHAN BOLA ONLINE, CASINO, TOGEL, POKER TERBAIK DI INDONESIA
BalasHapusFANSBETTING - Selamat datang bettors online Indonesia di website Agen Judi Online terpercaya Fansbetting. Bersama kami anda bisa bergabung dan mulai bermain di berbagai game seperti judi bola online,Poker Online,Casino Online,Togel online dan bolatangkas online.
Fansbetting, Master Agent yang melayani pembuatan account untuk taruhan bola online seperti sbobet, ibcbet, cmdbet. Ada juga permainan Casino Online, Tangkas, Togel, dan Poker. Banyak yang sudah menjadi member setia FANSBETTING, dikarenakan sangat terjamin keamanan nya, dan sudah sangat Terpercaya. Selain Proses Deposit-Withdraw yang super cepat, FANSBETTING juga melayani tuntas setiap transaksi member setia nya.
Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengelola judi online di internet di indonesia, kami telah paham betul kebutuhan para bettors yakni kenyamanan, keamanan dan proses yang cepat dari deposit dan withdraw.
Silahkan daftar dan menjadi member kami dengan mengisi form pendaftaran atau juga dengan menghubungi CS kami yang selalu online 24 jam di live chat. Dapatkan pelayanan yang cepat dan ramah dari kami agen judi online www.fansbetting.com.
Game yang disediakan yaitu :
* SPORTSBOOK:SBOBET,IBCBET,368BET.
* LIVECASINO:338A-SBOBET CASINO,ION CASINO,CBO855.
* BOLATANGKAS:TANGKAS777,88TANGKAS,BOLATANGKAS2,KLUB TANGKAS.
* TOGEL:KLIK4D,ISIN4D.
* POKER:SAHABATPOKER,ASIAPOKER77,POKERKING88,SENANGPOKER
* NEW GAME : SABUNG AYAM
Minimal Deposit 50.000,-
Minimal Withdraw 50.000,-
JOIN US : WWW.FANSBETTING.COM
WHATSAPP: +855963156245
WECHAT : fansbetting3
line : fansbetting