Kemenangan adalah Orang - orang yang telah mencoba terus mencoba dalam menghadapi rintangan halangan yang membuat hatinya bersabar berdoa serta lapang dada dan selalu yakin kepada Allah SWT

Kembang Api


Senin, 23 Januari 2017

4.2 PENERAPAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PT KAI MELALUI ONLINE SHOP YAITU TOKOPEDIA

Dalam dunia Perkereta apian, teknologi komunikasi yang awalnya hanya digunakan seperti jaringan listrik, distribusi air dll. Yang dulunya biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang bisa menjadi sumber laba yang menguntungkan bagi Layanan TIK termasuk beli Tiket KAI di online shop salah satunya Tokopedia yang sekarang digunakan oleh semua sektor dari ekonomi, bisnis, dari pertambangan, pertanian, perkebunan, sampai layanan finansial, manufaktur, agrowisata dan pariwisata. Para pengguna bisnis berskala besar yang memiliki kebutuhan akan sistem yang efisien, efektif, aman, terpadu dan terandalkan dalam TIK ini. Jika para penyedia layanan lokal dengan biaya yang masuk akal.
Saat ini banyak perusahaan transportasi berlomba-lomba memanjakan penumpang  salah satunya dengan cara menyediakan pemesanan dan pembelian tiket berbasis online. Caranya itu dapat digunakan untuk mengurangi jumlah antrian di depan loket penjual tiket misalnya tiket kereta api dan untuk calon penumpang tidak perlu repot datang dan mengantri di Stasiun.
Penyedia tiket KAI online saat ini sudah banyak di Indonesia.Cukup duduk dirumah dan gunakan aplikasi Tokopedia dari smartphone anda kemudian mulai cari tiket kereta apa yang anda pilih dari kelas EKONOMI BISNIS DAN EKSEKUTIF, tujuan anda yang ingin anda gunakan bahkasn sekarang harga tiket KAI sudah sangat lengkap dan tersedia di online shp lainnya. Sistem pemebelian tiket KAI sudah sangat mudah bagi masyarakat sekitarnya di Indonesia.
Kali ini saya akan membagikan cara mudah untuk membeli Tiket KAI berbasis online melalui Tokopedia.com. berikut ini adalah cara untuk memesan tiket kereta api pada website tiket.tokopedia.com :
Langkah I – Cari Tiket
Pilih kota asal dan tujuan pada “Pilih Rute”, jika kolom diklik maka secara otomatis akan keluar pilihan kota-kota yang populer.
Namun jika tidak menemukan kota asal ataupun tujuan yang kita maksud, cukup ketik nama kota, maka akan keluar kota berserta stasiun yang dimaksud. Seperti contoh dibawah ini,


Jika tidak terdapat di daftar kota populer, cukup ketik nama kota dan stasiun terpilih akan muncul

Setelah itu tentukan apakah kita akan melakukan sekali perjalanan atau pulang pergi.

  • Tiket satu kali perjalanan
Pilih tanggal keberangkatan dan tentukan jumlah penumpang (maksimum 4 orang) dan cari tiket.

  • Tiket kereta pulang pergi
Pilih waktu berangkat dan tanggal kepulangan kita dari kota tujuan. Isi jumlah penumpang (maksimum 4 orang) dan klik cari tiket. 

Langkah II – Pilih Tiket
Di halaman Cari Tiket, kita akan mendapatkan tiket kereta yang tersedia dari rute dan waktu yang telah kita tentukan sebelumnya. Jika tidak sesuai, kita bisa kembali dengan mengklik Ganti Tanggal di ujung kanan atas.
Di sini kita mendapatkan kebebasan untuk memilih jenis kereta, waktu naik/keberangkatan kereta dan jenis kelas yang kita inginkan di panel sebelah kiri.
Ada juga informasi penting lainnya seperti harga, durasi/lama perjalanan, dan tentunya waktu berangkat dan tiba di tujuan.
Jika sudah menemukan tiket kereta yang sesuai, silakan mengklik “Pesan Tiket Pergi”.

Tampilan cari tiket untuk sekali perjalanan dari Gambir ke Yogyakarta.
Catatan: Untuk tiket pulang pergi, tampilan akan tetap sama seperti di atas. Yang membedakannya hanya tanggal serta kota keberangkatan & tujuan. Pemesanan tiket kepulangan akan muncul setelah mengklik “Pesan Tiket Pergi”.
Langkah III – Isi Data Penumpang
Setelah memilih tiket kereta yang kita inginkan, sekarang saatnya untuk mengisi data lengkap penumpang.


  • Data Pemesan
Informasi ini akan otomatis terisi jika kita mengisi data secara lengkap saat pendaftaran akun Tokopedia.
Catatan: Data pemesan bukanlah data yang terdapat di tiket kereta api yang dibeli. Kita harus mengisi lagi di data penumpang. Seorang pemesan bisa membeli tiket untuk orang lain tanpa harus ikut serta.

  • Data Penumpang
Berbeda dengan data pemesan, data penumpang adalah untuk penumpang yang akan naik kereta atau data yang terdapat pada tiket.
Di sini kita harus mengisi Nama LengkapNomor IdentitasNomor Telepon, dan Tanggal Lahir.
Di halaman ini juga terdapat rangkuman tiket yang telah kita pesan dan total yang harus kita bayar. Pastikan semua data telah sesuai dengan rencana perjalanan yang kita inginkan.
Berikut adalah tampilan untuk 1 penumpang kereta:

Pastikan data penumpang telah lengkap dan benar
Setelah data penumpang telah terisi dengan lengkap, kita bisa memilih langsung kursi yang tersedia.
Jika posisi kursi tidak bermasalah, kita bisa langsung mengklik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk menyelesaikan proses pembelian tiket kereta di Tokopedia.
Langkah IV – Pembayaran
Saat melanjutkan ke halaman pembayaran, kita memiliki waktu 10 menit untuk menyelesaikan sebelum transaksi dibatalkan.
Oleh karena itu kita harus siap sedia dengan cara pembayaran untuk tiket yang telah kita beli. Metode pembayaran untuk tiket.tokopedia.com bisa dilihat di halaman bantuan – pembayaran tiket kereta.
Setelah pembayaran telah selesai, maka kita akan diarahkan ke halaman pemberitahuan bahwa transaksi telah berhasil berikut dengan rincian pembayaran, kode booking KAI dan Order ID.
Selain itu, kita juga akan menerima email dan notifikasi sms bahwa transaksi telah berhasil untuk disimpan jika dibutuhkan suatu waktu.

Manfaat yang dirasakan oleh masyarakat yang menikmati teknologi tersebut ?
1. Pesan Tiket Kereta Secara Online
Tujuan RTS adalah menyediakan fasilitas pemesanan dan pembayaran tiket kapan saja dan dimana saja sehingga memudahkan konsumen. Dengan sistem online ini, penumpang bisa melakukan reservasi tiket tanpa harus datang ke stasiun. Bahkan, dengan aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat melakukan reservasi dan pembayaran melalui smartphone.
“Inovasi teknologi RTS bertujuan memberikan kemudahan dalam pelayanan ticketing penumpang KA. Calon penumpang dapat melakukan reservasi dan
pembayaran tiket kapan saja (anytime), dimana saja (anywhere), dengan media apa saja (anydevice)," kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.


2. Pesan Tiket Bisa 90 Hari Sebelum Keberangkatan
Teknologi RTS memungkinkan pemesanan tiket KA dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan. Reservasi tiket ini dapat dilakukan pada seluruh channel penjualan tiket KA yang sudah terkoneksi dengan RTS. Hal ini juga memberikan nilai tambah bagi konsumen dalam kemudahan mendapatkan tiket.
3. Rail Ticketing System, Tinggal Klik!
Berkat RTS, sistem ticketing KA menjadi jauh lebih mudah. Cukup dengan komputer, jaringan internet, atau smartphone, calon penumpang tinggal memainkan telunjuk dan klik, transaksi selesai. Anda tinggal memiliki gadget, jaringan internet, dan dapatkan tiket KA semudah meng-klik panduan yang ada.
Selain Rail Ticketing System, PT KAI juga menyediakan vending machine penjualan tiket yang disebut e-kiosk dan  mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM). CTM membuat calon penumpang dapat mencetak tiket tanpa harus antri di loket.
"PT KAI akan terus mengembangkan teknologi yang ada untuk meningkatkan pelayanannya sehingga bisa menjawab kebutuhan pengguna jasa KA," tambah Edi Sukmoro.
4. Membuka Peluang Bisnis Lain
Implementasi RTS memungkinkan untuk memperbanyak channel reservasi dan pilihan cara pembayaran, sehingga lebih fleksibel dan lebih dekat
dengan pelanggan. RTS membuka peluang untuk bisnis baru, diantaranya integrasi dengan moda angkutan lain, hotel, travel agent, penggunaan vending machine melalui mekanisme kerja sama, dan lain sebagainya.
Lebih jauh lagi, RTS memungkinkan untuk masuk ke pasar global melalui website. Saat ini, pemesanan tiket KA pun sudah bisa dilakukan dari luar negeri.

Manfaat yang dirasakan oleh PT KAI itu sendiri  ?
1. Transaksi Bisnis Menjadi Lebih Cepat dan Aman
Dengan waktu pemrosesan tiket yang lebih cepat, maka akan lebih banyak pelanggan yang terlayani. Adanya waktu reservasi yang fleksibel, maka lebih banyak jumlah transaksi serta pelanggan yang dapat terlayani.
Di sisi lain, pemanfaatan IT mampu mempercepat proses bisnis di PT KAI dan sangat efisien serta bisa menghindari kesalahan yang tidak perlu terjadi karena dilakukan secara manual.
“Teknologi yang kita gunakan dan kembangkan tidak hanya harus memenuhi kebutuhan fungsionalitas saja tetapi juga mampu mengubah kompleksitas bisnis menjadi lebih mudah dan sederhana,” ujar Direktur SDM, Umum dan TI PT KAI, M. Kuncoro Wibowo yang menggawangi pengembangan RTS dari nol
hingga menjadi seperti saat ini.
2. Peningkatan Jumlah Penumpang dan Pengguna Channel Ekstra
Sebelum pengembangan RTS, pada tahun 2010 hanya ada 520 penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui channel eksternal. Namun, setelah RTS mulai berjalan go live pada
September  2011 dan terus diimplementasikan, pada tahun 2014 tercatat 13,2 juta penumpang yang melakukan pembelian tiket melalui channel eksternal.
Selain peningkatan jumlah penumpang, implementasi RTS memberikan kecepatan untuk masuk ke pasar. Melalui integrasi dengan social media, KAI Access (mobile apps), maupun web corporate, PT KAI dapat memberikan informasi lebih cepat tentang produk baru, program promo, event–event, dll sehingga informasi dapat lebih cepat sampai ke pelanggan.
3. Pembelian Tiket di Stasiun Lebih Tertib
Dengan RTS, strategi PT KAI untuk memperbanyak channel penjualan tiket di luar stasiun dan mengurangi jumlah loket di stasiun bisa terwujud. Stasiun pun menjadi lebih tertib karena hanya digunakan untuk pembelian tiket go show dan pelayanan bagi penumpang yang akan berangkat maupun baru menggunakan KA.
“Sistem RTS ini menjadi salah satu perangkat bagi manajemen untuk memantau perkembangan angkutan penumpang KA di seluruh wilayah pelayanan
PT KAI. Dengan demikian, ke depannya kami dapat terus mengembangkan segala aspek yang berkaitan dengan angkutan penumpang,” kata Edi.

Sumber :

Share:

3 komentar:

  1. I0nQQ*C0m
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    BalasHapus
  2. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)
    :)


    BalasHapus
  3. FANSBETTING – MASTER AGENT JUDI TARUHAN BOLA ONLINE, CASINO, TOGEL, POKER TERBAIK DI INDONESIA

    FANSBETTING - Selamat datang bettors online Indonesia di website Agen Judi Online terpercaya Fansbetting. Bersama kami anda bisa bergabung dan mulai bermain di berbagai game seperti judi bola online,Poker Online,Casino Online,Togel online dan bolatangkas online.

    Fansbetting, Master Agent yang melayani pembuatan account untuk taruhan bola online seperti sbobet, ibcbet, cmdbet. Ada juga permainan Casino Online, Tangkas, Togel, dan Poker. Banyak yang sudah menjadi member setia FANSBETTING, dikarenakan sangat terjamin keamanan nya, dan sudah sangat Terpercaya. Selain Proses Deposit-Withdraw yang super cepat, FANSBETTING juga melayani tuntas setiap transaksi member setia nya.

    Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengelola judi online di internet di indonesia, kami telah paham betul kebutuhan para bettors yakni kenyamanan, keamanan dan proses yang cepat dari deposit dan withdraw.

    Silahkan daftar dan menjadi member kami dengan mengisi form pendaftaran atau juga dengan menghubungi CS kami yang selalu online 24 jam di live chat. Dapatkan pelayanan yang cepat dan ramah dari kami agen judi online www.fansbetting.com.

    Game yang disediakan yaitu :
    * SPORTSBOOK:SBOBET,IBCBET,368BET.
    * LIVECASINO:338A-SBOBET CASINO,ION CASINO,CBO855.
    * BOLATANGKAS:TANGKAS777,88TANGKAS,BOLATANGKAS2,KLUB TANGKAS.
    * TOGEL:KLIK4D,ISIN4D.
    * POKER:SAHABATPOKER,ASIAPOKER77,POKERKING88,SENANGPOKER
    * NEW GAME : SABUNG AYAM

    Minimal Deposit 50.000,-
    Minimal Withdraw 50.000,-

    JOIN US : WWW.FANSBETTING.COM
    WHATSAPP: +855963156245
    WECHAT : fansbetting3
    line : fansbetting

    BalasHapus

Flag Couter

Flag Counter

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

NOAH

My Facebook

https://www.facebook.com/rico.adam

Translate

Jam Digital

My Calender

Trafic Feed