Kemenangan adalah Orang - orang yang telah mencoba terus mencoba dalam menghadapi rintangan halangan yang membuat hatinya bersabar berdoa serta lapang dada dan selalu yakin kepada Allah SWT

Kembang Api


Minggu, 30 Juni 2013

Pengertian Macromedia

Macromedia yaitu suatu perusahaan perangka lunak yang bergerak di bidang grafis dan pengembangan web.
Perusahaan Macromedia ini didirikan pada tahun 1992 melalui merger antara Authorware Inc. (perusahaan pembuat Authorware) dan MacroMind-Paracomp (perusahaan pembuat Macromind Director) dan telah berkembang pesat pada tahun 1990an dan 2000an. Pada Desember 2005 Macromedia diakuisisi salah satu perusahaan saingannya, Adobe Systems, tetapi Adobe sementara ini masih tetap menggunakan nama Macromedia pada sejumlah programnya.
Program program Macromedia :
1. Macromedia Director.
2. Macromedia Dreamweaver.
3. Macromedia Fireworks.
4. Macromedia Flash.
5. MacromediaFreehand, dll.
Macromedia Director adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat self-contained atau program yang dapat berjalan sendiri. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media presentasi maupun sebagai Media Interaktif untuk Membuat CD Interaktif. Director ini juga dapat digunakan untuk menciptakan konten halaman web dalam bentuk Shockwave.
Uniknya director ini menjadikan perancang layaknya seorang sutradara dalam sebuah film. Para pemain ataupun materi/media bisa dianggap sebagai Cast. Semua aksi dan pergerakan Cast diatur dalam Stage yang diatur dalam alur cerita atau timeline. Sutradara juga dapat mengambil atau mengikutsertakan Cast dari pemain-pemain yang berbeda karakter seperti Photoshop, 3D Studio Max, Audio File seperti MP3 dan WAV, Video File seperti AVI, MPG, MOV dan Flash. Dengan Director ini, tentu saja kita dapat menggabungkan sumber daya yang ada, menjadi sebuah media yang interaktif. Director ini juga dapat dipaketkan menjadi sebuah aplikasi yang bisa dijalankan melalui CD ROM.
Tak kenal maka Tak Sayang, untuk mampu menggunakan Macromedia Director, tentu saja kita harus mengenal Interface dari director ini. Bagi yang ingin mempelajari Director, mari kita lihat dulu Interfacenya. Macromedia Director adalah aplikasi animasi untuk keperluan membuat Company Profile, presentasi, game dan CD Interaktif. Macromedia director menggunkan fasilitas pemrograman Lingo dan java Script.

 

 

 

Adobe Director

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Adobe Director 11.5
Adobe Director Icon
Adobe Director Screenshot

Director 11.5 running on Windows 7.
11.5 / 23 Maret 2009; 4 tahun yang lalu
Multimedia Content Creator
Situs web resmi
Adobe Director adalah perangkat yang dibuat oleh Macromedia dan sekarang merupakan bagian dari Adobe Systems. yang memperbolehkan pengguna untuk membangun perangkat lunak dalam film metaphor, yang digunakan pengguna untuk menjadi sutradara sebuah film. Awalnya dirancang untuk membuat animasi, penambahan bahasa scripting yang kuat yang disebut Lingo membuat pilihan populer untuk membuat CD-ROM dan kios mandiri dan konten web dengan menggunakan Adobe Shockwave. Adobe Director mendukung proyek-proyek multimedia baik 2D dan 3D.

Membandingkan Director dengan Flash

Perbedaan antara kedua produk telah menjadi banyak subjek diskusi, khususnya dalam komunitas pengembang Director. Extensibility adalah salah satu perbedaan utama antara keduanya, seperti beberapa dari berbagai macam codec yang dapat diimpor. Director cenderung menjadi lebih besar dari Flash, namun jejak yang telah menjadi bagian dari kelemahan. Hal ini memanifestasikan kelemahan ke mana-mana erosi Director sebagai pemimpin authoring tools, terutama di jendela kritis tahun 1998 - 2000. Jejak download plugin Shockwave Director secara signifikan lebih besar dari jejak download Shockwave Flash. Selain itu, bermitra dengan distributor Macromedia seperti Dell, Apple, dll untuk memiliki Flash plugin pra-instal pada mesin untuk pengguna, sehingga mereka tidak akan diminta untuk menginstal perangkat lunak tambahan. Pada titik waktu (1998-2000), akses internet broadband bukanlah norma untuk sebagian besar pengguna, dan perbedaan lima kali lipat dalam ukuran yang signifikan.

Sejarah

Director dimulai sebagai MacroMind "VideoWorks", sebuah aplikasi untuk Apple Macintosh original. Animasi pada awalnya terbatas pada hitam dan putih layar awal Macintosh. Nama itu berubah menjadi "Director" pada tahun 1987, dengan penambahan kemampuan baru dan bahasa scripting Lingo pada tahun 1988. Sebuah versi Windows yang tersedia pada awal 1990-an. Dari tahun 1995 sampai tahun 1997 program multimedia authoring bersaing muncul disebut mTropolis (dari mFactory). Pada tahun 1997 mTropolis dibeli dan dikuburkan oleh Quark, yang memiliki rencana sendiri ke dalam authoring multimedia dengan Quark Immedia.

Jangka Waktu Produk

  • 1985: VideoWorks
  • 1988: Bernama Director 1.0
  • 1993: Macromind Director menjadi Macromedia Director (v 3.1.3)
  • 1994: Macromedia Director 4 telah dirilis (Windows dan Powermac Support)
  • 1996: Macromedia Director 5 telah dirilis (Shockwave)
  • 1997: Macromedia Director 6 telah dirilis (Behavior support)
  • 1997: Macromedia Director 6.5 juga telah dirilis pada akhir tahun
  • 1998: 16 November 1998: Macromedia Director 7 telah dirilis
  • 2000: Macromedia Director 8 telah dirilis
  • 2001: Macromedia Director 8.5 telah dirilis (Shockwave3D)
  • 2002: Macromedia Director MX telah dirilis (Juga dikenal sebagai Director 9)
  • 5 Januari 2004: Macromedia Director MX 2004 telah dirilis (Juga dikenal sebagai Director 10)
  • 25 Maret 2008: Adobe Director 11 telah dirilis
  • 23 Maret 2009: Adobe Director 11.5 telah dirilis
  • 6 September 2010: Adobe Director 11.5.8 telah dirilis

Adobe Director 11.x

Rilis Director pertama di bawah merek Adobe (v. 11) mendukung featured DirectX 9 dan Unicode support dan extended 3D capabilities based on the NVIDIA PhysX engine, serta bitmap filters, enhanced video, audio dan image file formats support, dan Adobe Flash CS3 integration. Shockwave Player 11 juga dirilis. Versi 11,5 ditambahkan 5.1 channel surround sound audio capabilities, real-time mixing, audio effects dan DSP filters. Juga, ditambahkan support for H.264-video integration for full-screen dan high-definition playback. Format lain yang didukung termasuk: 3D importer for Google SketchUp, streaming support using RTMP dan ByteArray datatypes.

Interface Macromedia Director

interface
Tampilan Macromedia Director MX 2004 (versi 10)
Keterangan :
  1. Stage : Tampilan Utama untuk menampilkan hasil tata letak objek pada frame tertentu.
  2. Score : Untuk mengatur urutan objek yang akan tampil seperti storyboard dan storyline. Disini kita dapat menampilkan mana yang lebih dulu, dan mana yang tampil belakangan.
  3. Cast Member : untuk menampung semua jenis objek yang akan dipakai dalam director. Satu objek dapat digunakan beberapa kali dalam penampilan, untuk menghemat besarnya hasil media.
  4. Panel Property Inspector : untuk mengatur parameter yang ada pada objek. Setiap objek mempunyai pengaturan sendiri.
  5. Sprite Channel : untuk mengatur layer atau urutan penempatan objek seperti pada photoshop.
 Macromedia Director MX 2004 atau lebih dikenal dengan nama Director MX 2004 adalah program yang canggih untuk membuat presentasi multimedia interaktif. Director MX 2004 juga banyak digunakan untuk membuat animasi, game, video tutorial interaktif dan berbagai aplikasi multimedia lainnya yang dapat didistribusikan melalui Compact Disc (CD), Digital Video Disc (DVD), dan Internet.
Macromedia Director MX 2004 merpakan sebuah program untuk membantu anda dalam membuar animasi atau multimedia yang interaktif. Macromedia Director MX 2004  memiliki fasilitas pengaturan untuk membuat suatu animsi per frame dan animasi tiga dimensi.
Dengan menggunakan Macromedia Director MX 2004, dapat membuat suatu penawaran atau informasi untuk disampaikan kepada pihak lain secara interaktif. Beberapa presentasi multimedia yang sering kita jumpai dalam CD bonus pada majalah komputer dibuat dengan menggunakan Director. Hal ini dikarenakan Director memiliki sejumlah fasilitas yang powerfull untuk membangaun aplikasi multimedia yang professional bahkan yang canggih sekalipun
Dengan macromedia director MX 2004 dapat membuat sebuah company profile sebuah perusahaan atau sebuah sekolah yang berisi tentang sejarah, produk-produk, dan informasi lainnya yang bersangkutan. dengan director ini  juga dapat membuat sebuah proyek presentasi pendidikan yag berisikan tentang ensiklooedia, atau informasi2 pelajaran lainnya tentang ilmu pengetahuan. Director ini pun dapat digunakan untuk membuat presentasi yang kemudian disimpan dalam CD yang sering disebut dengan CD interaktif.
KEUNGGULAN MACROMEDIA DIRECTOR 2004
1. Zoom Stage
Zoom Stage merupakan fasilitas untuk memperbesar tampilan pada stage yang akan dibuat. untuk melakukannya cukup menekan tombol Ctrl dan tombol (+) atau (-) pada keyboard
Langkah untuk memperbesar stage:
1. Pastikan jendela stage terpilih
2. tekan tombol Ctrl dan tombol (+)
Seankan untuk meperkecil stage ;
1. Pastikan jendela stage terpilih
2. tekan tombol Ctrl dan tombol (-)
2. Cast Member
Macromedia Director MX 2004 menampilkan beragai media ataau elemen. Elemen atau media tersebut dapat anda kelompokkan agar tidak kebingunan dalam memilih. Elemen atau media tersebut dikelompokkan di dalam cast member.
3. Kompresi Bitmap
Dengan kompresi bitmap memungkin untuk melakukan komperasi gambar dapat ditampilkan atau di download oleh orang lain di internet dengan mudah tanpa mengurangi kualitas gambar.
4.  Lock And Unlock Sprite
Dalam Macromedia Diretor MX 2004 dapat melakukan penguncian pada sprite yang ada pada stage. Fungsi Lock tersebut adalah agar sprite tidak dapat di edit. Atau juga dapat membukannya kembali atau Unlock.
5. Peletakan pada Guide dan Grid
Dengan Guide dan Grid, anda dapat meletakan sprite agar sejajar secara vertikal  maupun horizontal dengan garis Guide. Dengan demikian, dapat meletakkan sprite dalam posisi yang diinginkan yang tertata rapi.
6. Mengontrol Gambar Bitmap dengan Lingo
Dapat memanipulasi dan membuat gambar bitmap menggunakan Script Lingo.
7. Memainkan Audio dengan Lingo
Dengan script lingo, anda dapat mengatur audio dan dapat dengan leluasa memainkan dan menghentikan audio untuk yang ada pada Score.

score
Tampilan Score

Hardware yang dibutuhkan

Untuk menjalankan Macromedia Director MX, kita tidak perlu menyiapkan komputer yang high-end.
  • Processor : Pentium II
  • RAM : 64 MB
  • Sistem Operasi : Windows 2000 Professional
Dengan perkembangan zaman saat ini tidak akan menjadi kendala bagi kita untuk mencobanya.

Proses Pembuatan Animasi 3D Tahap Awal

Secara umum, proses pembuatan animasi 3D memiliki 3 tahap, yaitu Proses Pembuatan Animasi 3D Tahap Awal atau sebelum produksi (pre-production), Tahap Kedua yaitu produksi (production), dan tahap Akhir yaitu sesudah produksi (post-prodution). Berikut ini akan saya paparkan rangkaian proses penciptaan animasi 3D, untuk artikel ini saya akan membahas yang tahap awal dulu yaitu proses sebelum produksi (pre-production).
Tahap Pre-Production adalah proses/tahap awal atau persiapan dalam pembuatan suatu animasi 3D. Tahap ini meliputi.
1. Ide dan Kosep
Proses ini adalah proses pencarian ide dan konsep serta gagasan untuk animasi yang akan dibuat. Ide bisa datang dari berbagai hal, seperti kisah nyata, dongeng, legenda, kisah klasik, fantasi/fiksi, dan lain-lain. Ide harus memiliki keistimewaan, keunggulan, dan keunikan yang khas sehingga menarikuntuk diangkat. Yang terpenting adalah selalu kreatif dalam mencari dan mengolah serta mengembangkan ide tersebut.
2. Skenario/Script
Proses ini adalah proses pembuatan naskah atau alur cerita animasi. Skenario yang menarik akan menentukan keberhasilan dari film animasi yang dibuat. Skenario biasanya berbentuk teks tulisan/ketikan.
3. Sketsa Model Objek atau Karakter
Proses ini adalah proses pembuatan sketsa dasar dari model yang dibuat. Sketsa tersebut akan menjadi dasar panduan bagi modeler untuk membuat model. Akan lebih baik sketsa desain terdiri dari komponen gambar yang lengkap, seperti gambar tampak depan, samping kanan-kiri, belakang, dan perspektif sehingga akan memudahkan modeler untuk membuat animasi 3D-nya. Khusus untuk karakter, sketsa juga dibuat dengan menampilkan berbagai ekspresi wajah, seperti ekspresi gembira, riang, tertawa, sedih, murung, bingung, dan sebagainya.
4. Storyboard
Storyboard adalah bentuk visual/gambar dari skenario yang telah dibuat, berupa kotak-kotak gambar (seperti komik) yang menggambarkan jalan cerita dan adegan-adegan yang hendak dibuat dalam film. Storyboard berfungsi sebagai panduan utama dari proses produksi animasi (storyboard merupakan cetak biru [blue print] film animasi). Oleh karena itu, segala macam informasi yang dibutuhkan harus dibuat dan tercantum dalam Storyboard, seperti angle kamera, tata letak/layout/staging, durasi, timing, dialog, ekspresi, dan informasi lainnya.
5. Take Voice & Music Background
Proses ini adalah proses pengambilan dan perekaman suara untuk mengisi suara karakter animasi. Dalam proses ini juga dibuat ilustrasi musik sebagai background untuk film animasi.

Kesimpulannya bahwa tahapan pre-produksi ini meliputi lima tahapan yaitu ide dan konsep, skenario/script, sketsa model objek atau karakter, storyboard, dan take voice & music background. selanjutnya kita akan membahas tentang proses pembuatan animasi 3D tahap kedua pada artikel selanjutnya.  

Cara Memasukan Audio dan Animasi di Macromedia Director

Kemarin ada temen yang baru belajar director, bagaimana memasukkan audio dan animasi di diredctor. Sebenarnya konsep di macromedia flash dan director hampir sama. Semoga bisa sedikit membantu anda yang sedang belajar atau mengerjakan tugas.
Oke langsung saja pada masalahnya, yaitu bagaimana memasukkan audio dan animasi di director. Eh iya disini saya memakai Macromedia Director MX 2004. Adapun langkah-langkahnya untuk memasukkan file audio adalah sebagai berikut :
  1. Pilih File, Import.
  2. Pada pilihan Media pilih option “ Link to External file ”.
  3. Kemudian pilih file yang diinginkan, klik Import.
  4. File tadi akan masuk pada Cast Member kita ( untuk lebih memudahkan, sebaiknya dibedakan untuk jenis-jenis file seperti video, animasi, image, audio di cast member, caranya pada cast member klik Choose Cast, klik New Cast, isi nama misalkan “ video “ pada Option Name dan pilih Internal pada Option Storage di bawahnya kemudian klik Create).
  5. Drag File tadi ke dalam Score, tepatnya pada area sound (ditunjukkan dengan gambar sound) di Effects Channels).
  6. Kalau belum keluar Effect Channels ini bisa ditampilkan dengan mengklik tanda garis dengan panah di kedua ujungnya, letaknya di pojok kanan atas jendela Score (nanti akan ada tooltip “Hide/Show Effects Channels”).
  7. Tentunya sound tadi dipergunakan sesuai yang kita inginkan, misalnya cuma untuk halaman intro saja atau semua halaman (tergantung keinginan kita).
  8. Drag saja salah satu ujungnya sampai batas akhir Marker dimana sudah pindah ke menu yang lainnya. Itu kalau tiap halaman dibuat berbeda soundnya. Kalau tidak di drag sampai akhir Frame saja.
  9. Nah langkah terakhir adalah mengatur sound tadi di Property Inspector.
  10. Klik file audio tadi di Effects Channels, kemudian pada Property Inspector akan ada 5 tab, pilih Tab Sound. Aktifkan “Loop”, dengan cara mengklik pada option loop karena disini saya asumsikan file sound tadi berulang-ulang. Fungsi Loop tadi adalah supaya file sound tadi tidak akan habis atau berhenti setelah berakhir dan secara otomatis akan mengulang dari awal.

Share:

1 komentar:

Flag Couter

Flag Counter

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

NOAH

My Facebook

https://www.facebook.com/rico.adam

Translate

Jam Digital

My Calender

Trafic Feed