Kemenangan adalah Orang - orang yang telah mencoba terus mencoba dalam menghadapi rintangan halangan yang membuat hatinya bersabar berdoa serta lapang dada dan selalu yakin kepada Allah SWT

Kembang Api


Selasa, 02 Juli 2013

Multimedia Pembelajaran


Pengertian Multimedia
Multimedia adalah media yang menggabungkan 2 unsur atau lebih yang terdiri dari text,grafis,gambar,foto,audio, dan animasi. Secara terintrograsi, multimedia terbagi menjadi 2 katagori, yaitu :
1.      Multimedia Linier
Yaitu multimedia yang tidak dilengkapi engan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan berurutan.
Contoh : Televisi dan Film.
2.      Multimedia Interaktif
Yaitu multimedia yang dilengkapi dengan pengontrol,yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
Ccontoh : Aplikasi games.
Manfaat Multimedia Pembelajaran
·         Memperbesar benda yang kecil, yang tidak tangkap oleh mata.
·         Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan disekolah.
·         Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumit,yang berlangsung cepat atau lambat seperti sistem tubuh manusia,bekerjanya suatu mesin,peredaran planet mars,berkembangnya bunga-bunga,dll.
·         Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh.
·         Menyaikan benda atau peristiwa yang berbahaya.
·         Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Karakteristik Multimedia Dalam Multimedia Pembelajaran
1.      Memiliki lebih dari 1 media yang konfergen. Contoh : menggabungkan unsur audio dan visual
2.      Bersifat interaktif dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
3.      Bersifat mandiri dalam arti membei kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna dapat menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
Fungsi Multimedia Pembelajaran
·         Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
·         Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
·         Memperhatikan siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendali.
·         Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna yang terbentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan percobaan, dll.
Format Multimedia Pembelajaran
1.      Tutorial
Adalah multimedia pembelajaran yang dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial, yaitu informasi yang berisi suatu konsep yang disajikan dengan text,gambar (baik diam ataupun bergerak), dan grafik.
2.      Drill
Yaitu melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep. Program ini  menyediakan serangkai soal yang ditampilkan secara acak, sehingga soal atau pertanyaan yang tampil selalu berbeda.
3.      Simulasi
Yaitu multimedia pembelajaran dengan format penyampaian secara dinamis yang menjadi didunia nyata. Contoh : menstimulasikan pesawat terbang.
4.      Percobaan/Eksperimen
Format ini mirip dengan simulasi namun lebih ditunjukkan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat eksperimen atau percobaan. Contoh : latihan praktikum di laboratorium IPA.
5.      Permainan
Yang disajikan tetap mengaju pada proses pembelajaran. Dengan program ini diharapkan terjadi aktifitas belajar sambil bermain.
Syarat Yang Memenuhi Multimedia
·         Pengoprasian yang mudah dan familiar.
·         Mudah untuk diinstal ke komputer.
·         Media pembelajaran yang aktif yan komunikatif.
·         Sistem pembelajaran yang mandiri, artinya siswa dapat belajar mandiri baik disekolah maupun dirumah tanpa bimbingan guru atau orang lain.
·         Sedapat mungkin dengan biaya yang ringan dan terjangkau.
Jenis-Jenis Multimedia
Berdasarkan kegunaannya, multimedia pembelajaran ada 2 macam yaitu :
a.       Multimedia presentasi pembelajaran
Adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan.
Contoh : Microsoft Power Point (.ppt)
b.      Multimedia pembelajaran mandiri
Adalah software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Harus dapat memadukan explecit knowledge dan tacit knowledge. Pengembanngan futur dan mengandung fitur unruk pelatihan. Ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah.
Contoh : Macromedia Authorware/Adobe Flash.
Solusi Pengguna Multimedia
1.      Memanfaatkan media yang disekitar kita, disesuaikan kemampuan yang kita miliki.
2.      Perlunya sarana dan prasarana yang mendukung bimbingan belajar mengajar baik secara tradisional maupun modern.
3.      Guru yang memiliki kualitas kompetensi akademik yang profesional yang tinggi atau memadai dibidang teknologi modern yang diterapkan pada proses pembelajaran.
4.      Mengubah budaya para pendidik dari mengajar menjadi pelajar.
5.      Memberikan kegiatan semacamdiskusi kelompok guna menambah pengetahuan tentang pengguna teknologi multimedia dalam pembelajaran.
6.      Diknas kota harus bertanggung jawab untuk mengembangkan SDM para guru tentang teknologi multimedia untuk membantu pengembangan atau pembelajarannya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Couter

Flag Counter

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

NOAH

My Facebook

https://www.facebook.com/rico.adam

Translate

Jam Digital

My Calender

Trafic Feed